Kamis, 05 Februari 2009

jenuh hidupku

Udah 7 semester kuliah, gue kok udah ngerasa jenuh ya? Kadang pengennya cari kerja sambilan, tapi.... gak tau deh....

Udah berbulan-bulan nyusun skripsi gak kelar-kelar, apa kar'na gue yang terlalu males ya?? Tapi dari penelitian itu gue dapet pengalaman yang banyak banget. Gue banyak berinteraksi sama lansia yang tinggal di panti jompo. Gue denger kisah hidup mereka yang lucu ataupun yang penuh penderitaan. Rata-rata mereka tinggal di panti kar'na dibuang keluarga, atau mereka memang nggak punya keluarga. Beberapa diantara mereka bahkan ada yang belum pernah nikah.

Banyak hal lucu yang gue alami ketika ngobrol dengan mereka. Ada yang nyambung saat diajak ngobrol, ada juga yang ngelantur kemana-mana. Lucunya lagi, salah satu Oma yang ditanya umurnya berapa (biarpun sebenernya gue udah tau, siech, kalo umurnya 85 taon), dia bilang umurnya udah 120 taon. Huwalah....

Ada lagi Oma yang senengnya berpantun, ada juga yang sukanya bilang "good morning", gak peduli sebenernya itu pagi, siang atau malem. Selain itu ada juga Oma yang senengnya bikin onar. Kalo gak nyegatin orang yang mau cuci tangan di wastafel, dia ngomel-ngomelin penjaga yang ada disitu. Oma yang satunya malah suka bikin gaduh dikamar cuma mau bikin temen sekamarnya gak betah dan akhirnya minta pindah kamar. Ada juga yang udah pikun dan suka salah masuk kamar. Gax..gax..gax.. Kelakuan mereka emang unik semua.

Opa-Opanya juga gak kalah unik. Ada Opa yang udah pikun, yang kalo keluar kamar mandi seringnya celana dipake di kepala. Tapi ada juga Opa yang umurnya udah 97 taon, tapi dia masih nyambung kalo diajak ngomong. Diajak ngomong bahasa Inggris'an juga OKE, apalagi bahasa Belanda, China, or Taiwan. Secara, katanya beliau dulunya mantan tentara Taiwan yang kabur ke wilayah Indonesia dan jadi pejuang di Indonesia. Pantes aja....

Selain yang kocak-kocak itu, ada juga Oma/Opa yang punya kisah sedih di masa tuanya. Ada Oma yang mantan gelandangan, yang dulunya tinggal di kolong jembatan. Ada juga Oma yang hartanya ludes diembat mantunya. Sekarang beliau udah gak bisa jalan, kalo ngomong juga payah, tapi semangatnya masih bagus. Kalo diajak ngobrol soal keluarganya juga beliau suka nangis. Gue sampai terharu...

Yang bikin gue kagum adalah dua Opa yang usianya masih sekitar 60'an. Opa yang satu abis kena stroke, sebelah badannya lumpuh. Dia dulunya pedagang yang sukses tapi hartanya diambil anak-mantunya, sampai beliau kena stroke dan dititipin di panti jompo. Beliau nangis waktu gue tanya soal keluarganya. Gue sampai malu sendiri, soalnya waktu itu gue hampir-hampir ikutan nangis. Untung gue masih bisa nahan. Tapi Opa ini orangnya naek banget, juga murah senyum dan enak diajakin ngobrol. Opa yang satunya gak bisa ngeliat alias buta. Katanya waktu taon 2002 beliau pernah jatuh dalam posisi duduk, saraf penglihatannya kena, sampe beliau sekarang gak bisa ngeliat. Tragisnya, saat Opa butuh dukungan keluarga, anak dan istrinya malah pergi ninggalin dia. Istrinya kepincut orang lain, dan anak-anaknya ikut ibunya semua. Tapi satu hal yang menurut gue KEREN BANGET dari Opa ini adalah ketika dia bilang: "Saya relakan istri saya pergi kar'na kalau saya halangi dia, berarti saya menghalangi kebahagiannya." Keren gak, tuch?? Gue aja sampe gak percaya ada orang yang segitu baeknya. Katanya, beliau ini emang punya misi membahagiakan orang. Dengan segala kekurangannya, Opa akan merasa bahagia kalau bisa membahagiakan orang. Buktinya, di panti aja Opa gak pernah ngeluh ataupun sedih, beliau sering menghibur ataupun mijitin Oma/Opa yang lagi sakit. Biarpun gak bisa ngeliat, tapi Opa gak tergantung sama orag lain. Beliau mengandalkan pendengaran dan ingatannya untuk ngejalanin sisa masa tuanya.

Gue bener-bener salut sama mereka. Gue sampe malu,... Mereka semua masih punya semangat dan harapan di masa tuanya, sementara gue yang masih muda malah nyia-nyiain kehidupan gue dengan hal yang gak berguna. Pokoknya, gue ngambil hikmah aja dari pengalaman gue ini untuk memicu hidup gue menjadi lebih BERMAKNA.... hue...he...he...
SEMANGAT!!!!!

0 komentar: